Nggak Bisa Menghentikan Hasrat Nyemil? Tidur Bisa Jadi Solusi

Jika kamu tengah berusaha melawan hasrat nyemil yang kamu rasakan, tidur lebih banyak mungkin bisa jadi solusinya. Bahkan, berdasarkan studi yang dilakukan oleh niversity of Chicago, kurang tidur bisa menyebabkan meningkatknya hasrat nyemil makanan-makanan tertentu, seperti cookies dan roti, hingga 45 persen.

Tidur mengendalikan nafsu makanmu

Tidur membantu mengatur hormon. Beberapa malam tanpa tidur saja bisa meningkatkan ghrelin, sebuah hormon yang bisa memicu nafsu makan kita. Pada sebuah studi yang dilakukan oleh Wisconsin Sleep Cohort Study, partisipan yang tidur selama 5 am memiliki kadar ghrelin 14,9 persen lebih tinggi dibanding mereka yang tidur 8 jam. Kurang tidur juga bukan hanya menjadi penyebab perbedaan kadar hormon tersebut namun juga menyebabkan peningkatan Body Mass Index (BMI) dan obesitas.

Tidur membantu mensinyalkan rasa kenyang

Hormon mempengaruhi nafsu makan kita, mereka mengatur kapan kita merasa kenyang atau lapar. Beberapa malam tanpa tidur cukup bisa menyebabkan peningkatan kadar leptin, yaitu hormon yang mensinyalkan rasa kenyang. Partisipan studi yang tidur selama 5 jam punya kadar leptin 15,5 persen lebih rendah deibanding mereka yang tidur selama 8 jam.

Tidur mempersehat penilaianmu

Mungkin, bukan merupakan sebuah kejutan bahwa kurang tidur bisa memperburuk memorimu, membuatmu merasa berkunang-kunang atau tidak fit, meningkatkan potensi kecelakaan, bahkan meningkatkan resiko terserang penyakit. Kurang tidur juga bisa mempengaruhi kemampuan penilaian dan pertimbangan kita untuk membuat keputusan-keputusan sehat. Ketika kita lelah, kita akan cenderung untuk begitu saja mengambil apa pun yang mudah dan berada di sekitar kita, seperti minuman ringan, donat gratis di kantor, vanilla latte yang tinggal seduh. Kita tidak akan membuat makanan yang sehat untuk diri kita.

Tidur memangkas aktivitas dan hasrat nyemil

Sebuah studi menunjukkan bahwa kurang tidur menyebabkan orang-orang untuk makan terlalu banyak snack manis dan tinggi garam yang buruk bagi kesehatan. Dalam studi yang filakukan oleh University of Chicago’s Clinical Research Center, para partisipan yang tidur selama 7,5 jam mengkonsumsi 300 kalori lebih sedikit deibandingkan mereka yang hanya tidur 4,2 jam. Padahal, makanan mereka sama. Artinya, hasrat nyemil mereka yang kurang tidur jauh lebih besar sehingga mereka mencari snack di luar makan utama.

Tips untuk tidur lebih nyenyak

Jika kamu mengalami kesulitan tidur nyenyak untuk waktu cukup sehingga bermasalah dengan hasrat nyemil ini, cobalah tips-tips berikut.

Pertama, tidurlah 10-15 menit lebih awal setiap malam sampai kamu bisa tidur 7-8 jam sesuai rekomendasi. Lakukan perlahan-lahan. Keesokannya, kamu akan memiliki lebih banyak energi dengan nafsu makan lebih sedikit serta jadi lebih produktif.

Jangan lupa untuk berhenti makan dua jam sebelum kamu bersiap-siap ke ranjang. Tidur dengan perut penuh bukan hanay tidak nyaman, namun juga bisa merusak tidur nyenyakmu.

Manjakan dirimu dengan ritual sebelum tidur. Mandilah dengan air panas, minum secangkir teh herbal dan tenangkan dirimu. Ritual seperti ini bisa membuatmu tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Jangan lupa untuk menyingkirkan ponsel pintarmu ketika kamu mau tidur. Cahaya dari perangkat elektronik terbukti bisa mengganggu tidur nyenyakmu.

 

The post Nggak Bisa Menghentikan Hasrat Nyemil? Tidur Bisa Jadi Solusi appeared first on Tampil Cantik.



from Tampil Cantik http://ift.tt/2nIWcEr
via pencerah wajah alami dan cepat