Sering Dilanda Kelaparan Berat Setelah Olahraga? Berikut Alasan dan Cara Mengatasinya

Untuk kamu yang sedang menjaga berat badan dengan berolahraga, pasti pernah merasakan kelaparan yang amat sangat tepat setelah kamu selesai memeras keringat. Hasilnya, kamu malah batal diet gara-gara nafsu makan melonjak dan tidak bisa menahan diri menyantap satu porsi besar makanan. Jika kamu pernah mengalami hal ini, besar kemungkinan kamu melakukan kesalahan saat berolahraga. Terutama jika kamu rutin melakukan kardio yang sangat menguras tenaga. Kondisi tubuhmu akan sangat rentan merasa lapar setelah berlatih selama beberapa jam. Mau tahu alasan dibalik protesnya perutmu?

1. Banyak kalori yang dibakar

Olahraga kardio memang bertujuan untuk membakar kalori. Tentu saja kamu memerlukan banyak energi untuk menyelesaikan sesi latihan tersebut. Karena tubuhmu membakar semua cadangan nutrisi agar bisa menghasilkan energi yang cukup, akhirnya kamu akan merasa sangat kelaparan setelah latihan selesai.

2. Kelaparan itu relatif

Beberapa olahraga membutuhkan energi lebih banyak dan juga membakar kalori lebih banyak. Berlari misalnya, 45 menit lari dengan kecepatan sedang membakar jauh lebih banyak kalori daripada kamu berlatih dengan sepeda statis atau mesin eliptikal di pusat kebugaran. Jadi rasa laparmu sangat berhubungan dengan latihan yang kamu jalani.

3. Pola makan yang tidak tepat

Jika kamu sedang berdiet dan memilih untuk makan sedikit saja sebelum berolahraga, tentu saja perutmu akan protes tidak karuan setelah energimu habis. Sebenarnya rasa lapar itu sangat dipengaruhi oleh jumlah kalori yang dibakar, karena itu hanyalah tanda dari otak bahwa tubuh sedang kekurangan asupan nutrisi untuk dibakar menjadi energi. Kamu memaksa tubuhmu yang sudah kekurangan tenaga karena diet untuk berolahraga, akhirnya malah akan berakibat buruk pada pola makanmu.

4. Hanya dalam perasaanmu saja

Tetapi jika kamu sudah makan cukup banyak tetapi masih keroncongan setelah olahraga, bisa jadi rasa lapar itu cuma ada di pikiranmu saja. Karena kamu merasa sudah membakar kalori dan berkeringat, kamu merasa bahwa kamu layak makan lebih banyak. Pola pikir seperti inilah yang sering mengakibatkan gagal diet karena olahraga.

5. Kekurangan cairan

Tubuh yang kekurangan cairan selama sesi latihan akan mudah merasa lapar. Otak bisa saja salah mengartikan rasa haus dan letih karena kurang minum sebagai rasa lapar. Hasilnya, kamu akan merasa harus makan tepat setelah latihan, padahal kamu hanya butuh minum yang cukup

Untuk mencegah hal ini, beberapa hal di bawah ini bisa kamu lakukan sebelum dan selama latihan untuk mengendalikan rasa laparmu.

  • Menjaga kelembapan tubuh dengan minum sedikit air di sela-sela sesi latihan sebelum kamu merasa haus. Sebaiknya hindari meneguk terlalu banyak karena bisa menggangu ritme latihan.
  • Mencukupi kebutuhan nutrisi dengan konsumsi protein sehat sebelum latihan. Setelah tubuhmu dingin sehabis berolahraga, kamu bisa menyantap yogurt atau jus buah untuk mencegah lapar yang berlebihan.
  • Mengatur sesi latihan, terutama bila kamu baru saja memulai olah raga. Tambah porsi latihanmu perlahan-lahan dan beri tubuh waktu untuk menyesuaikan diri.

The post Sering Dilanda Kelaparan Berat Setelah Olahraga? Berikut Alasan dan Cara Mengatasinya appeared first on Tampil Cantik.



from Tampil Cantik http://ift.tt/2n5b426
via pencerah wajah alami dan cepat