Kebiasaan Pola Makan Sehat Ini Akan Membuat Hasil Detoks Dietmu Bertahan Lama

Kamu baru saja menjalani detoks diet yang benar-benar ketat? Apa kamu sudah menamatkan 30 hari hidup sehat tanpa makanan cepat saji dan gula berlebih? Selamat! Kamu hampir berhasil. Namun, jika kamu hanya menghitung mundur hingga detoksmu selesai sehingga kamu dapat berpesta kembali ke kebiasaan makan lama, maka mungkin kamu cuma membuang waktu. Banyak orang merasa pencernaan lebih baik, kulit yang lebih cemerlang dan berat badan turun setelah detoks. Dengan hasil yang begitu baik, kenapa kamu harus rela 30 harimu terbuang sia-sia dengan mengkonsumsi kembali semua makanan yang tidak sehat itu.

Memang wajar saja bila sesekali kamu ingin mengudap sepotong donat atau segelas es krim favoritmu. Tetapi bukan berarti kamu harus memakannya setiap hari dan kembali dengan masalah lama seperti perut yang kembung, wajah kusam dan berminyak serta mudah lelah. Kebiasaan makan yang sehat adalah dengan menjaga asupan gizi seimbang 90% dari waktu makan dan menggunakan waktu 10% nya untuk bersenang-senang. Hal ini bisa kamu jalankan ketika kamu main di kafe trendi bersama teman-teman atau datang ke pesta. Bukannya kamu nikmati di sela-sela waktu makanmu. Untuk memudahkan tubuh kembali normal setelah detoks diet, 4 langkah ini bisa kamu pertimbangkan sebagai panduan masa transisi kebiasaan makan yang normal.

1. Jangan Makan Sembarangan

Saat masa detoks berakhir, jangan buru-buru memesan 1 box pizza atau menghabiskan satu bungku kue coklat kesukaanmu sebagai acara balas dendam. Apabila sebelumnya hal itu sukses membuatmu sakit perut dan merasa gendut di pagi hari, setelah detoks efeknya akan semakin parah. Tubuhmu sudah terbiasa hidup sehat dan bersih. Makan berlebihan akan membuat perutmu kaget dan menyesal belakangan.

2. Bijaksana mengatur waktu makan

Ingat prinsip 90%? Jangan mudah jatuh pada godaan. Simpan jatah 10%-mu ketika kamu benar-benar ingin memakan kue coklat terbaru dari merk kesukaanmu atau saat acara spesial. Apabila kamu sangat suka makan cemilan, beralihlah pada cemilan yang menyehatkan, seperti buah atau buat sendiri cemilan sehatmu.

3. Pola makan seimbang

Walaupun kamu diet ketak dengan detoks, kamu pasti masih mendapatkan energi. Bahkan tidak jarang, energi yang kamu rasakan bahkan lebih besar daripada kamu makan tanpa dibatasi. Hal ini karena kamu mengatur pola makan dengan lebih baik, sehingga sistem pencernaan tidak perlu bekerja keras untuk menyerap nutrisi yang diperlukan tubuh. Serat dari sayuran dan buah-buahan, akan sangat membantu jalannya pencernaan. Jika kamu mengkonsumsi salad sehat saat menikmati jatah pizza kesukaanmu, perutmu akan sangat berterima kasih.

4. Minum air sebanyak-banyaknya

Kebanyakan instruksi detoks diet adalah mengkonsumsi air lebih dari yang biasa kamu lakukan. Hal ini bertujuan untuk membantu mengeluarkan racun-racun dari makanan bersama dengan sisa-sisa makanan. Tidak ada salahnya kamu terus menjalankan kebiasaan ini agar tubuhmu semakin sehat dan berat badanmu tetap ideal.

The post Kebiasaan Pola Makan Sehat Ini Akan Membuat Hasil Detoks Dietmu Bertahan Lama appeared first on Tampil Cantik.



from Tampil Cantik http://ift.tt/2lZwUok
via pencerah wajah alami