10 Cara Pintar Menghindari Ujung Rambut Bercabang Selamanya

ujung rambut bercabang

Siapa yang suka bila memiliki ujung rambut bercabang? Cabang pada ujung rambut ini kerap kali dikaitkan dengan keadaan rambut yang rusak. Dan memang tak sepenuhnya salah meskipun juga terdapat beberapa alasan lain. Karena itu dibawah ini, 10 cara yang bisa dilakukan untuk menghindari rambut bercabang.

1. Hindari setiap hari mencuci rambut

Mencuci rambut setiap hari memang penting untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Tapi di sisi lain, mencuci rambut setiap dua atau tiga kali sehari memberi kesempatan pada kulit rambut mengeluarkan minyak alami yang baik untuk kesehatan dan kekuatan rambut.

2. Pilih sisir rambut yang tepat

Sisir rambut pun rupanya memiliki peranan penting dalam menjaga rambut bercabang. Sebaiknya pilih sisir dengan bantalan empuk yang tak akan memberikan tarikan terlalu keras pada rambut.

3. Perhatikan cara mencuci rambut

Ketika mencuci rambut, sebaiknya hindari menumpuk rambut di atas kepala dan menggosok dengan shampoo. Gesekan antar rambut ini bisa memicu terjadinya split end. Cara paling tepat, gosok lembut kulit kepala dan biarkan batang rambut.

4. Gunakan conditioner pada batang dan ujung rambut

Sebaliknya, ketika mengguankan conditioner, sebaiknya pusatkan pada batang dan ujung rambut. Itupun pastikan jarak mulai mengoleskan kondisioner sekitar 5 cm dari akar rambut dan kulit kepala. Mengoleskan conditioner pada batang dan ujung rambut ini memastikan keduanya mendapatkan nutrisi dan kelembapan yang cukup.

5. Mengeringkan rambut dengan handuk

Menggosok dan mengeringkan rambut dengan handuk bisa memicu terjadinya hubungan listrik, yang akhirnya menjadikan rambut (terutama ujung rambut) menjadi lebih rapuh.

6. Menyisir rambut basah

Ketika dalam keadaan basah, rambut jauh lebih rapuh dari pada biasa. Karena itu menyisir rambut yang masih basah berpotensi membuat rambut menjadi patah. Tak hanya pada bagian batang rambut namun juga pada ujung dan akar.

7. Jangan blow dry ujung rambut

Kesalahan satu ini sayangnya masih sering kali dilakukan. Yang menjadi penyebab utama dan paling besar terjadinya rambut pecah dan bercabang. Panas yang diberikan pada rambut, terutama pada ujung rambut bisa menjadikan rambut lebih cepat bercabang.

8. Pelurus rambut

Ingin meluruskan rambut? Lebih baik hindari pula bagian ujung rambut. Karena lagi-lagi panas dari alat pelurus rambut pun memicu terjadinya ujung rambut bercabang dan rusak.

9. Pengeriting rambut

Sama seperti proses pelurus dan blow dry, pengeriting rambut pun menggunakan panas yang menjadikan ujung rambut rusak. Ini tak lain karena bagian ujung rambut merupakan bagian yang paling sedikit kebagian nutrisi.

10. Trim

Trim alias memotong bagian ujung rambut yang rusak pun rupanya bisa menyebabkan rambut menjadi pecah-pecah dan rusak. Karena itu untuk menghindari ujung rambut bercabang, sebaiknya sebelum trim diberikan nutrisi pelindung rambut lebih dulu.

The post 10 Cara Pintar Menghindari Ujung Rambut Bercabang Selamanya appeared first on Tampil Cantik.



from Tampil Cantik http://ift.tt/2miGXAa
via pencerah wajah alami